Deteksi cara mengobati infeksi saluran kemih Lebih Lanjut

Image result for infeksi saluran kemih adalah

Diagnosa

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih meliputi:

Menganalisis sampel urin. Dokter Anda mungkin meminta sampel urin untuk analisis laboratorium untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri. Untuk menghindari kemungkinan kontaminasi sampel, Anda mungkin diperintahkan untuk menyeka area genital Anda terlebih dahulu dengan bantalan antiseptik dan mengambil urin di tengah aliran.

Menumbuhkan bakteri saluran kemih di laboratorium. Analisis laboratorium dari urin kadang-kadang diikuti oleh kultur urin. Tes ini memberi tahu dokter Anda bakteri apa yang menyebabkan infeksi Anda dan obat mana yang paling efektif.

Membuat gambar saluran kemih Anda. Jika Anda sering mengalami infeksi yang menurut dokter Anda mungkin disebabkan oleh kelainan pada saluran kemih Anda, Anda mungkin memiliki ultrasonografi, pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI). Dokter Anda mungkin juga menggunakan pewarna kontras untuk menyoroti struktur di saluran kemih Anda.

Menggunakan ruang lingkup untuk melihat bagian dalam kandung kemih Anda. Jika Anda memiliki ISK berulang, dokter Anda dapat melakukan sistoskopi, menggunakan tabung panjang dan tipis dengan lensa (cystoscope) untuk melihat bagian dalam uretra dan kandung kemih Anda. Cystoscope dimasukkan ke dalam urethra Anda dan diteruskan ke kandung kemih Anda.

Pengobatan

Antibiotik biasanya adalah pengobatan lini pertama untuk infeksi saluran kemih. Obat mana yang diresepkan dan untuk berapa lama tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urin Anda.

Infeksi sederhana

Obat-obatan yang biasanya direkomendasikan untuk ISK sederhana meliputi:

  • Trimethoprim / sulfamethoxazole (Bactrim, Septra, lainnya)
  • Fosfomycin (Monurol)
  • Nitrofurantoin (Macrodantin, Macrobid)
  • Cephalexin (Keflex)
  • Ceftriaxone

Kelompok obat antibiotik yang dikenal sebagai fluoroquinolon – seperti ciprofloxacin (Cipro), levofloxacin (Levaquin) dan lainnya – tidak umum direkomendasikan untuk ISK sederhana, karena risiko obat-obatan ini umumnya lebih besar daripada manfaat untuk mengobati ISK tanpa komplikasi. Dalam beberapa kasus, seperti ISK yang rumit atau infeksi ginjal, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat fluoroquinolone jika tidak ada pilihan perawatan lain. Seringkali, gejala hilang dalam beberapa hari perawatan. Tetapi Anda mungkin perlu melanjutkan antibiotik selama seminggu atau lebih. Konsumsilah seluruh antibiotik sesuai resep.

Untuk ISK tanpa komplikasi yang terjadi ketika Anda dinyatakan sehat, dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan yang lebih singkat, seperti minum antibiotik selama satu hingga tiga hari. Tetapi apakah perawatan singkat ini cukup untuk mengobati infeksi Anda tergantung pada gejala dan riwayat medis Anda.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan

Infeksi saluran kemih bisa terasa menyakitkan, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meringankan ketidaknyamanan Anda sampai antibiotik mengobati infeksi. Ikuti tips ini: 

  • Minum banyak air. Air membantu melarutkan urin Anda dan membersihkan bakteri.
  • Hindari minuman yang dapat mengiritasi kandung kemih Anda. Hindari kopi, alkohol, dan minuman ringan yang mengandung jus jeruk atau kafein sampai infeksi Anda sembuh. Mereka dapat mengiritasi kandung kemih Anda dan cenderung memperburuk kebutuhan Anda yang sering atau mendesak untuk buang air kecil.
  • Gunakan bantal pemanas. Oleskan bantalan pemanas yang hangat, tetapi tidak panas, ke perut Anda untuk meminimalkan tekanan atau ketidaknyamanan kandung kemih.

Obat alternatif

Banyak orang minum jus cranberry untuk mencegah ISK. Ada beberapa indikasi bahwa produk cranberry, baik dalam bentuk jus atau tablet, mungkin memiliki sifat melawan infeksi. Para peneliti terus mempelajari kemampuan jus cranberry untuk mencegah ISK, tetapi hasilnya tidak konklusif.

Jika Anda menikmati minum jus cranberry dan merasa itu membantu Anda mencegah ISK, ada sedikit bahaya di dalamnya. Bagi kebanyakan orang, minum jus cranberry aman, tetapi beberapa orang melaporkan sakit perut atau diare.

Namun, jangan minum jus cranberry jika Anda minum obat pengencer darah, seperti warfarin.

Mempersiapkan janji Anda

Dokter keluarga Anda, praktisi perawat atau penyedia layanan kesehatan lainnya dapat mengobati sebagian besar infeksi saluran kemih. Jika Anda sering kambuh atau infeksi ginjal kronis, Anda mungkin dirujuk ke dokter yang berspesialisasi dalam gangguan kemih (urologis) atau gangguan ginjal (nephrologist) untuk evaluasi.

sumber :

https://www.healthline.com

https://www.medicalnewstoday.com

https://www.mayoclinic.org

sumber gambar

https://www.halodoc.com

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*